728x90 AdSpace

02 October 2011

Syarat Membuat Judul Karangan | Film Badai di Ujung Negeri

Dalam membuat judul sebuah karangan atau tulisan, sebaiknya kita memperhatikan keasliannya, menggambarkan isi karangan, singkat, dan menarik. Menarik maksudnya adalah walau menggambarkan isi karangan namun bukan berarti mudah ditebak isinya. Tetapi, judul yang kita buat itu memberi sugesti agar pembaca merasa ingin atau tertarik untuk membaca. Badai di Ujung Negeri adalah merupakan salah satu judul yang menerapkan rambu-rambu ini. Asli, deskriptif, singkat, dan menarik. Membaca judulnya, kita bertanya-tanya: apa sih yang dimaksud dengan badai di ujung negeri? Badai merupakan sebuah konotasi dari musibah, sedangkan ujung negeri merupakan refresentasi tempat yang terletak di ujung. Di mana sih? Di Sabang? Merauke? Eh ternyata, badai dalam film Badai di Ujung Negeri ini merupakan nama tokoh utamanya (diperankan oleh aktor Arifin Putra). Lalu, sedang apa Badai di ujung negeri? Mengapa dia di sana? Rentetan pertanyaan seperti ini tentu saja merupakan nilai tambah untuk mendorong seseorang agar mencari tahu dan akhirnya berniat menontonnya.
Sinopsis film Badai di Ujung Negeri:

        Badai adalah marinir yang ditugaskan di pos jaga perbatasan Indonesia di sebuah pulau di laut cina selatan. Penemuan mayat misterius mempertemukannya kembali dengan Joko, sahabat lama yang ditugaskan di kapal KRI.
        Disisi lain, Anisa, seorang gadis setempat mempertanyakan kepastian hubungannya dengan Badai. Badai ragu untuk membuat keputusan karena dia bisa dipindah tugaskan kapanpun, kemanapun.
        Konflik makin meruncing. Dika, anak nelayan teman Badai ditemukan mati.
Kesalahpahaman Joko dan Badai tentang kematian Nugi, adik Joko, mempengaruhi kerjasama mereka dalam menemukan siapa pembunuh Dika dan mayat-mayat lainnya yang belakangan bermunculan terapung di laut. Badai dan Joko dijebak ke pulau terpencil sementara para pembunuh merencanakan pembajakan sebuah kapal tanker di laut perbatasan, memanfaatkan kelemahan konflik di antara mereka dan kondisi kapal KRI yang sudah tua.

Sumber sinopsis:
http://www.21cineplex.com/badai-di-ujung-negeri-bada,movie,2613.htm

http://4.bp.blogspot.com/-5mjgB8P-CQ8/TofLl65nA-I/AAAAAAAAFMI/jyutTpJw76U/s1600/komik-badai-di-ujung-negeriEDIT.jpg
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Syarat Membuat Judul Karangan | Film Badai di Ujung Negeri Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi