Membedakan Fakta dan Opini | Kekalahan 0-2 Timnas Indonesia dari Bahrain

Artikel Terbaru:
Dalam pelajaran B.Indonesia, kalian sering menemui materi menentukan fakta dan opini, biasanya melalui teks bacaan, berita yang diperdengarkan/dibaca, atau pada iklan.

Fakta adalah sesuatu yang benar adanya, tidak terbantahkan (Biasanya sesuatu yang menjawab pertanyaan Apa, Di mana, Kapan, Siapa, dan Mengapa).

Sedangkan opini (pendapat) adalah sesuatu yang belum tentu benar, bersifat subyektif (Biasanya yang menjawab pertanyaan Bagaimana).

Tentu kalian dapat membedakan mana yang merupakan FAKTA dan mana yang merupakan OPINI dari pernyataan-pernyataan berikut ini:

PERNYATAAN 1:
"Mungkin kami akan mengirim scout untuk mencari pemain-pemain baru untuk bermain di dalam tim yang bisa bermain untuk level seperti ini."
PERNYATAAN 2:
"Masih ada empat pertandingan tersisa."
PERNYATAAN 3:
"Kita masih punya kans."
(Wim Rijsbergen, Pelatih Indonesia)

PERNYATAAN 4:
"Saya tidak setuju dengan perbedaan fisik dan postur tubuh, karena seperti yang Anda lihat, tidak ada gol-gol yang tercipta dari keunggulan postur tubuh."
(Peter Taylor, Pelatih Bahrain)

PERNYATAAN 5:
"Harus introspeksi, termasuk manajemen timnas. Keterlambatan kepulangan ke Jakarta seharusnya tidak sampai terjadi. Contoh lain kesalahan manajemen timnas adalah terkait keberangkatan M Nasuha ke Iran. Sang bek sebelumnya sudah dipastikan tak bisa main karena akumulasi kartu, namun tetap disertakan dalam lawatan ke Tehran."
(Bambang Nurdiansyah, mantan pemain Timnas)

PERNYATAAN 6:
"FIFA memang tak bisa tolerir gangguan-gangguan seperti itu. Kita semua pun ingin menjadi tuan rumah yang baik dan menang secara ksatria."
PERNYATAAN 7:
"Sebenarnya penonton kita hampir semuanya tertib. Hanya satu-dua orang yang pakai petasan. Oleh karena itu ke depan ini jadi pelajaran.
PERNYATAAN 8:
"Polisi dan petugas diharap lebih tegas untuk men-screening suporter yang masuk, dengan melakukan sweeping dan semacamnya."
(Andi Mallarangeng, Menpora)

PERNYATAAN 9:
"Di pertandingan selanjutnya, Indonesia akan menjamu Qatar pada 11 Oktober dan balik bertamu ke Qatar pada 11 November."
PERNYATAAN 10:
"Setelah itu, bertanding di kandang menjamu Iran (15 November) dan terakhir dijamu Bahrain (25 Februari 2012)."
(Numpang Nampang dot com +o+)


Jawaban:
FAKTA: 2,4,5,6,9,10
OPINI: 1,3,7,8
Contoh Soal Ujian Nasional

Sumber foto dan pernyataan: Detiksport.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara