Widget HTML Atas

DIRGAHAJOE INDONESIAKOE | Merdeka, Tetapi Orang Miskin Dilarang Sakit

Merdeka.......
Pada tanggal 17 Agoestoes 1945, Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta memproklamirkan kemerdekaan negara Indonesia. Soedah 66 tahoen, tapi soedah benar-benar merdekakah kita? Tergantoeng dari soedoet mana kita menilainja. Merdeka dari pendjadjahan, memang benar. Tapi pendjadjahan dalam bentoek baroe masih sadja terdjadi. Bebasnja barang impor masoek ke Indonesia meroepakan satoe tjontoh ketjilnja. Kita bisa lihat bagaimana merajalelanja kendaraan bermotor (jang djoega saya pakai) masoek dan mendjadi primadona di negeri ini. Silakan tjari sendiri tjontoh lainnja.

Tak oesah djaoeh-djaoeh, di negeri kita sendiri, perlakoean semena-mena dari bangsa sendiri terhadap saoedaranja, setjara kasat mata meroepakan bentoek njata bahwa kemerdekaan beloem sepenoehnja diraih. Masih segar dalam ingatan, bagaimana seorang anak bangsa, Misnani, di Djember, Djawa Timoer, haroes tergadai di Poeskesmas hanja karena tidak mampoe membajar ongkos perawatan jang terbilang ketjil, tigaratoes doeapoeloeh lima riboe. Parahnja, selama empat hari, infoes tetap dibiarkan terpasang dalam keadaan kosong menoenggoe peloenasan biaja. Ketika dikonfirmasi, pihak poeskesmas mendjawab sekenanja sambil mesam-mesem dan pandangan mata jang djelalatan ke sana kemari. Beroentoeng, ada wakil rakjat jang sadar amanah sehingga mampoe membebaskannja (Beritanja silakan batja sendiri di Lipoetan6dotcom).
Itoe hanja salah satoe kasoes, masih banjak kasoes lainnja. Kalaoe didjabarkan semoea, tak tjoekoep halaman ini (ngetiknja jang repot, bro...) dan tjoekoep memoentjoelkan stigma: "Orang miskin dilarang sakit."

Sejogjanjalah, kemerdekaan tak sekadar seremonial belaka. Oepatjara pengibaran bendera, pembatjaan teks proklamasi, lomba balap karoeng, makan keroepoek (ataoe diganti dengan makan biskoeit), naik pinang, pemberian remisi, dan lain-lain, perloe diedjawantahkan dengan tindakan njata agar 'Merdeka" tak sekadar seboeah kata.

Djadi? Oke, tak apalah. Paling tidak, kita masih bisa teriak MERDEKA dibanding Chairil Anwar.
MERDEKA!!!!!

Sumber foto: Google
Daftar Isi
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!