728x90 AdSpace

27 March 2010

TENTANG UJIAN NASIONAL



Hari-hari belakangan ini, jelas merupakan hari yg menegangkan bagi semua insan pendidikan (termasuk orangtua siswa). Ya, ujian nasional untuk SMP/MTs segera digelar. Ketegangan yang dirasakan, jelas tidak sebesar sebagaimana yang guru dan kepala sekolah rasakan. Jika siswa dan orangtua hanya memikirkan dirinya dan anaknya saja, guru dan kepala sekolah memikirkan sekian banyak siswa yang duduk di kelas akhir tersebut.
Bandingkan, siapa yang memikul beban yang paling berat? Benar. Tentulah pihak sekolah (baca: guru)!!!!!!

Guru dihadapkan pada dua pilihan yang dilematis. Di satu sisi, ia memiliki rasa kemanusiaan, ingin agar anak didiknya dapat lulus seratus persen, tidak ada yang tertinggal, sehingga terkadang tindakan yg curang pun dilakukan. Di sisi lain, tentu sebagai seorang pendidik, ia juga harus menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai kejujuran.

Pilihan yang sulit. Di sisi kemanusiaan, jelas dengan tindakan curang tersebut (memberi kunci jawaban kepada siswa, mengganti jawaban di lembar LJK, dsb), guru berarti mempertaruhkan periuk nasinya. Tindakannya itu bisa berujung di sel tahanan (tentu sel tahanannya akan jauh dari sel tahanannya Arthalita Suryani tempo hari).
Sedangkan di sisi kejujuran, (tanpa bermaksud meremehkan kemampuan peserta didik) kemungkinan akan terjadi tingkat kelulusan yang tidak seratus persen.

Pada tanggal 5 Februari 2010, bertempat di Aula SMKN 1 Tanjung, saat itu saya dan beberapa guru lainnya dari delapan sekolah di Kab. Tabalong dan Kab. Barito Timur, telah menandatangani Ikrar Ujian Nasional Jujur. Saat itu, para instruktur dari KPI Surabaya, menyatakan bahwa segala bentuk pelanggaran atas Ikrar tersebut, adalah menjadi tanggung jawab kami kepada Tuhan YME.

Mudah-mudahan anak-anakku, siswa kelas 9 di SMP manapun, tempat di mana selama ini saya pernah mengajar, dapat 'mengemban tugas mengerjakan soal' dengan sebaik-baiknya.

Selamat ujian, semoga sukses.
Wassalam
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: TENTANG UJIAN NASIONAL Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi