Widget HTML Atas

TENTANG UJIAN NASIONAL


Hari-hari belakangan ini, jelas merupakan hari yg menegangkan bagi semua insan pendidikan (termasuk orangtua siswa). Ya, ujian nasional untuk SMP/MTs segera digelar. Ketegangan yang dirasakan siswa dan orangtuanya, jelas tidak sebesar sebagaimana yang guru dan kepala sekolah rasakan. Jika siswa dan orangtua hanya memikirkan dirinya dan anaknya saja, guru dan kepala sekolah memikirkan sekian banyak siswa yang duduk di kelas akhir tersebut.
Bandingkan, siapa yang memikul beban yang paling berat? Benar. Tentulah pihak sekolah (baca: guru)!!!!!!

Guru dihadapkan pada dua pilihan yang
dilematis. Di satu sisi, ia memiliki rasa kemanusiaan, ingin agar anak didiknya dapat lulus seratus persen, tidak ada yang tertinggal, sehingga terkadang tindakan yg curang pun dilakukan. Di sisi lain, tentu sebagai seorang pendidik, ia juga harus menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai kejujuran.
Pilihan yang sulit. Di sisi kemanusiaan, jelas dengan tindakan curang tersebut (memberi kunci jawaban kepada siswa, mengganti jawaban di lembar LJK, dsb), guru berarti
mempertaruhkan periuk nasinya. Tindakannya itu bisa berujung di sel tahanan (tentu sel tahanannya akan jauh dari sel tahanannya Arthalita Suryani tempo hari).
Sedangkan di sisi kejujuran, (tanpa bermaksud meremehkan kemampuan peserta didik) kemungkinan akan terjadi
tingkat kelulusan yang tidak seratus persen.

Pada tanggal 5 Februari 2010, bertempat di Aula SMKN 1 Tanjung, saat itu saya dan beberapa guru lainnya dari delapan sekolah di Kab. Tabalong dan Kab. Barito Timur, telah menandatangani
Ikrar Ujian Nasional Jujur. Saat itu, para instruktur dari KPI Surabaya, menyatakan bahwa segala bentuk pelanggaran atas Ikrar tersebut, adalah menjadi tanggung jawab kami kepada Tuhan YME.

Mudah-mudahan anak-anakku,
siswa kelas 9 di SMP manapun, tempat di mana selama ini saya pernah mengajar, dapat 'mengemban tugas mengerjakan soal' dengan sebaik-baiknya.

Selamat ujian, semoga sukses.
Wassalam

Posting Komentar untuk "TENTANG UJIAN NASIONAL"

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!